Artikel

Bagian yang harus diperhatikan dalam konstruksi bangunan

Dalam konteks konstruksi bangunan, terdapat beberapa bagian yang sangat penting dan vital. Berdasarkan sumber yang ditemukan, beberapa bagian tersebut meliputi:

 

  1. Pondasi: Pondasi merupakan bagian pertama dan paling vital dalam konstruksi bangunan. Pondasi bertugas menopang beban bangunan dan mentransfernya ke tanah dengan aman.

 

  1. Struktur Bangunan: Struktur bangunan memainkan peran yang sangat vital dalam keselamatan setiap orang di dalam bangunan. Struktur ini terdiri dari berbagai komponen seperti kerangka, balok, dinding, sloof, pelengkung, dan lainnya, yang berfungsi untuk mendukung elemen konstruksi lainnya.

 

  1. Kolom: Kolom merupakan komponen penting yang memikul seluruh beban bangunan. Keandalan kolom sangat krusial karena jika kolom runtuh, bagian lain dari bangunan juga dapat terpengaruh.

Dengan demikian, pondasi, struktur bangunan, dan kolom merupakan beberapa bagian konstruksi bangunan yang sangat penting dan vital untuk memastikan keamanan, kekuatan, dan ketahanan bangunan dalam jangka waktu yang lama. Selain itu ketika kita lebih memperhatikan again konstruksi bangunan dapat menjadikan bangunan tahan akan gempa.

 

Bangunan tahan gempa memiliki beberapa bagian konstruksi yang sangat penting dan vital. Menurut Ir. Ari Wibowo, ST., MT., Ph.D, tiga kunci bangunan tahan gempa adalah struktur bangunan, pondasi, dan kolom. Struktur bangunan harus dirancang dan diperhitungkan secara analisis, baik kombinasi beban, penggunaan material, dan penempatan massa strukturnya. Pondasi harus mencapai tanah keras atau tanah cadas untuk menjamin kekuatan gempa. Kolom juga merupakan komponen penting yang memikul seluruh beban bangunan. Selain itu, bangunan tahan gempa juga harus ringan, karena efek gempa pada struktur sebanding dengan berat bangunan. Penggunaan bata ringan untuk dinding, penggunaan rangka baja ringan seperti galvalum untuk bangunan, dan isi rumah yang ringan dapat membantu meminimalisir efek gempa. Dalam membangun bangunan tahan gempa, perlu berkonsultasi dengan perusahaan jasa konstruksi berpengalaman untuk memastikan hasil yang maksimal.

 

Terdapat beberapa jenis pondasi yang dapat digunakan dalam konstruksi rumah tahan gempa. Berdasarkan sumber yang ditemukan, beberapa jenis pondasi tersebut antara lain:

  1. Pondasi Rumah Batu Kali: Pondasi batu kali merupakan salah satu jenis pondasi yang populer digunakan. Proses pembuatan pondasi batu kali juga sangat sederhana, yaitu dengan menumpuk batu kali di sisi bangunan dan menempelkannya menggunakan semen. Kelebihan pondasi batu kali adalah karena prosesnya simpel dan tidak banyak menggunakan bahan material yang rumit, harga pembuatan pondasi batu kali terbilang sangat murah. Selain itu, pondasi jenis ini juga dikenal awet dan tidak mudah rusak terkena banjir atau gempa.

 

  1. Pondasi Telapak: Pondasi telapak terbuat dari beton bertulang dengan dasarnya berbentuk persegi empat atau persegi panjang. Pondasi ini ideal digunakan untuk membangun rumah bertingkat. Kekurangan pondasi ini adalah tidak semua tukang bangunan memahami proses pembuatan pondasi tapak.

 

  1. Pondasi Plat Beton Lajur: Pondasi plat beton lajur lebih kuat karena semua bagian yang ada memakai beton tulang. Ukuran lebar pelat lajurnya sekitar 70 hingga 120 sentimeter. Karena ukurannya hampir sama, pondasi ini sering dipakai sebagai pengganti pondasi batu belah jika bahan batu sulit didapat.

 

  1. Pondasi Tiang Bor: Pondasi tiang bor dibuat dengan menuangkan beton bertulang ke dalam lubang bor. Jenis pondasi ini cocok untuk bangunan bertingkat dan biaya pembuatan tidak mahal, karena membutuhkan lebih sedikit beton daripada jenis lainnya.

 

  1. Pondasi Cakar Ayam: Pondasi cakar ayam terbuat dari besi beton yang ditanam di dalam tanah dengan kuat. Jenis pondasi ini sangat cocok digunakan pada tanah yang lembek, seperti tanah bekas sawah atau rawa.

 

  1. Pondasi Rubanah: Pondasi rubanah terdiri dari dua jenis, yaitu jenis full dan daylight. Pondasi full adalah ruangan yang berada di bawah tanah atau tanpa jendela, sedangkan pondasi daylight adalah ruangan di bawah tanah yang terdiri dari beberapa dinding di bawah atau di atas tanah. Pondasi rubanah cocok untuk membangun rumah bertingkat.

Dalam memilih jenis pondasi yang tepat untuk konstruksi rumah tahan gempa, perlu mempertimbangkan kondisi permukaan tanah, desain bangunan, jenis tanah, dan aspek geografis lainnya.

 

Sumber:

[1] https://www.kompas.com/tren/read/2022/11/27/203000465/jenis-jenis-pondasi-dan-cara-membuat-bangunan-tahan-gempa?page=all

[2] https://protect.cermati.com/bangunan-tahan-gempa/

[3] https://www.kompas.com/tren/read/2022/01/21/093200565/mengenali-struktur-dan-pondasi-bangunan-tahan-gempa-seperti-apa-?page=all

[4] https://www.blog.kontainerindonesia.co.id/konstruksi-rumah-tahan-gempa/

[5] https://dpu.kulonprogokab.go.id/detil/596/konstruksi-bangunan-tahan-gempa

[6] https://scgcbm.id/inspirasi/9-bagian-penting-dan-vital-dalam-sebuah-konstruksi-bangunan/

[7]https://youtube.com/watch?pp=ygU0I3BlbWJhbmd1bmFuamF5YXJheWFqdW5pb3JpbnRlcm5hdGlvbmFsY2hhbGxlbmdlMjAyMg%3D%3D&v=MdpKCCOXYnU

[8] https://www.rumah.com/panduan-properti/konstruksi-bangunan-41597

[9] https://www.researchgate.net/publication/353379815_100_Tanya-Jawab_Permasalahan_Kontrak_Konstruksi_Indonesia

[10] https://grahasurvei.com/penjelasan-struktur-bangunan-jenis-hingga-komponen-utamanya/

Editor : GRACITA ANGGIA MEYLANI

Apabila anda membutuhkan Konsultan perizinan untuk PBG (Persetujuan Bangunan Gedung), SLF (Sertifikat Laik Fungsi), Kajian Peil Banjir (Penataan Drainase), Kajian Pemadam Kebakaran, Kajian Andalalin (Analisis Dampak Lalu Lintas) & Desain Arsitek, silahkan untuk berkonsultasi pada kami:

Whatsapp : 

Email : konsultan@indokaryapermata.com

Whatsapp : 082246307579

Konsultan Perizinan & Desain Teknik Bangunan Gedung
Picture of Indo Karya Permata

Indo Karya Permata

Konsultan Perizinan dan Desain Arsitek

Scroll to Top
Open chat
1
Scan the code
Halo!!
Apa yang bisa kami bantu?